Sensor Sekecil Butiran Pasir Ditenagai Gelombang Radio


Sensor Sekecil Butiran Pasir Ditenagai Gelombang Radio

cover

Rizky Software – Tim peneliti dari Eindhoven University of Technology, Belanda, membuat chip sensor temperatur berukuran dua milimeter persegi. Beratnya kira-kira setara dengan berat sebutir pasir, kata tim peneliti. Mereka juga mengklaim chip tersebut sebagai yang terkecil di dunia. Namun, daya tarik utamanya bukan dari segi ukuran.

Kamis (10/12/2015) dari BGR, sensor “pasir” itu bisa memproduksi energi dari gelombang radio yang dihasilkan oleh bagian dari jaringan nirkabelnya sendiri Sang sensor dipasangkan dengan router yang memiliki antena khusus untuk mengirim gelombang radio ke arahnya. Begitu jumlah energi yang cukup sudah terkumpul, sensor menyala secara otomatis dan mengirim sinyal ke router.

mod apk

Karena ukurannya sangat mungil, sensor ini bisa ditanam di balik cat, plester, bahkan ditanam di tembok untuk mengukur suhu ruangan. Baik sensor maupun router pendampingnya hanya mengkonsumsi energi listrik dalam jumlah sangat kecil. Menurut kepala tim peneliti, Dr. Hao Gao, chip sensor godokan timnya bakal berperan penting pada perangkat elektronik di masa depan.

“Sensor ini berisi sebuah antena yang menangkap energi dari router. Energi itu disimpan digunakan untuk mengukur temperatur. Sensor juga mengirim sinyal ke router,” begitu tertera pada penjelasan di blog University of Technology.

Selain fungsi utamanya mengukur temperatur, sensor mungil tersebut juga diklaim bisa digunakan untuk menciptakan sensor-sensor pengukuran lainnya. Misalnya sensor gerak, cahaya, kelembaban, dan sebagainya. Untuk saat ini, sensor “kecil-kecil cabai rawit” masih dalam pengembangan. Belum diketahui kapan tim peneliti akan meluncurkannya secara komersil.


Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2015/12/14/14420097/Sensor.Sekecil.Butiran.Pasir.Ditenagai.Gelombang.Radio


Sensor Sekecil Butiran Pasir Ditenagai Gelombang Radio

This entry passed through the Full-Text RSS service – if this is your content and you’re reading it on someone else’s site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.